Lubuk Pakam|Harian88 -Pentingnya Kesadaran aktivitas membaca, maka masyarakat akan mampu membuka cakrawala, memperluas wawasan dan kecerdasan serta membawa kemajuan bagi masyarakat . Hal itu dikemukakan Wakil Bupati Deli Serdang Drs. H Zainuddin Mars pada acara pencanangan Gerakan Deli Serdang Membaca (GDSM), berlangsung di kompleks Taman Buah Pemkab Deli Serdang di Lubuk Pakam, Kamis.(21/12).

Diiringi sair lentunan lagu Mars Aksara dan Ayo Membaca, dengan suara seirama dinyanyikan sejumlah personal group Guru-Guru TK, mendapat aplusan dari pejabat terkait dan pelajar serta warga masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Komisi X DR Sofyan Tan menyerahkan 1 (satu ) unit mobil Perpustakaan Keliling kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Deli Serdang, serta penyerahan bantuan perlengkapan dan buku perpustakaan kepada 7 (tujuh) orang guru/pendidik.

Wakil Bupati Deli Serdang Drs.H. Zainuddin Mars hadir bersama Sekretaris Forum Literasi Sumut Agus Marwan, Asisten II Hj Saadah Lubis MAP, Kaban BKD Drs HM A Yusuf Siregar MAP, Kadis Perpustakaan dan Arsip Drs Ridwan Said Siregar, Kadis Pendidikan Dra Wastianna Harahap dan pimpinan SKPD terkait , para Camat dihadapan ratusan penggiat literasi, para guru beserta siswa dan siswi.

Gerakan Deli Serdang membaca dicanangkan ini tidak hanya bersifat srimonial saja, tetapi harus dibarengi dengan kesungguh –sungguhan dalam melakukannya. Sehingga daerah ini benar-benar dapat menumbuhkan minat serta budaya membaca bagi masyarakat. Dengan motivasi positif mendorong percepatan visi-misi pembangunan Deli Serdang yang semakin maju, berdaya saing,religius dan bersatu dalam kebhinekaan, ucap Wakil Bupati Drs.H. Zainuddin Mars.

Ditegaskannya kepada jajaran pendidikan,para kepala UPT.Kepala Sekolah dari semua tingkatan ,para guru, dan pendidik, serta para Camat demikian juga kepada SKPD jajaran Pemkab Deli Serdang, serta semua komponen masyarakat lainnya untuk menggalakkan Gerakan Membaca ini dengan sebaik-baiknya, penuh kesungguhan, karena memang sektor pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan di Deli Serdang.

Wakil Bupati Deli Serdang Drs. H. Zainuddin Mars mengintruksikan Kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip menerima bantuan mobil perpustakaan keliling, agar segera mengoperasionalkannya secara optimal dan menjangkau secara merata disemua wilayah Deli Serdang. Sarana mobil tersebut mendorong percepatan visi misi pembangunan Deli Serdang yaitu “Deli Setrdang yang maju, berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinekaan”.

Sementara Aggota DPR RI Komisi X dapil Deli Serdang DR Sofyan Tan mengapresiasi masyarakt Deli Serdang khususnya para guru maupun litarator selama ini berkontribusi, menggerakkan masyarakat untuk membaca di Deli Serdang dengan jumlah penduduknya cukup besar dan wilayahnya luas, kontribusinya tentu akan menjadi pendorong bagi kemajuan daerah ini.

Sebagai anggota DPRR RI Sfyan Tan berjaanji akan terus berupaya mengarahkan berbagai program dan bantuan lainnya dirasa sangat urgen bagi masyarakat.Terimakasih kepada Pemkab Deli Serdang mengembangkan literasi keseluruh daerah hingga ketingkat pedesaan, baik melalui PKBM ,PAUD ,TK dan lainnya dalam pembinaannya sudah bersinerji, berbagai lintas sektoral, semua SKPD jajaran Pemkab Deli Serdang serta didukung pihak swasta serta warga masyarakat lainnya.(Sft).