Tanjung Selor|Harian88 – Masih dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan kususnya di wilayah perairan Provinsi Kalimantan Utara, Bakamla RI dalam hal ini Direktorat Kerjasama Dalam Negeri bakalan segera membuat terobosan baru di wilayah Provinsi baru tersebut.

Pasalnya, Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri Bakamla RI Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M., terlibat pembicaraan penting dengan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H. Udin Hianggio, B.Sc., di Kantor Pemprov Kaltara yang terletak di Jl. Kolonel H. Soetadji, Tj. Selor Hilir, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (11/4/2018).

Koordinasi terbatas tersebut membahas kemungkinan-kemungkinan adanya sejumlah kegiatan yang akan digelar bersama antara Bakamla RI dengan Pemprov Kaltara.

Pada pertemuan yang berjalan harmonis tersebut telah berhasil meracik dan menggodok ide cemerlang yang telah berhasil pula menelorkan sebuah kesepakatan yang cukup membanggakan, yakni akan segera dilangsungkannya kegiatan Memorandum of Understanding (MoU) pada kesempatan mendatang, yang tentu saja terlebih dahulu akan dilaporkan kepada pimpinan masing-masing, yakni Kabakamla RI dan Gubernur Kaltara.

“Ini baru merupakan sebuah usulan, bila pimpinan sudah setuju baru kita laksanakan”, kata Eli.

Hasil dari pertemuan ini akan kita laporkan ke pimpinan yang tentu saja sesuai jalurnya, melalui Direktur Kerjasama dulu, lanjut Eli sembari melontarkan senyum khasnya.

Sementara itu Wagub Kaltara mengatakan bahwa pihaknya merasa senang dan welcome terhadap ajakan positif dari Bakamla ini. Karenanya, Wagub langsung memerintahkan kepada jajarannya melalui Asisten 1 Pemerintahan, Sanusi, agar segera menindaklanjuti draft MoU tersebut untuk secepatnya dilaporkan ke Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambrie.

Adapun isi MoU yang direncanakan tersebut tentang peningkatan keamanan dan keselamatan di perairan Provinsi Kalimantan Utara.

Sementara itu ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi :
pembentukan forum komunikasi keamanan dan Keselamatan di Laut; Penyediaan dan pemanfaatan teknologi serta fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lainnya; Pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan di laut; Pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka peningkatan keamanan dan keselamatan di laut; serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan di Laut.

Pada pertemuan tersebut Eli didampingi Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono, Kasi Kerjasama Lembaga Pemerintahan Bakamla RI Akhmad Firdaus, S.IP., M.Si., Kepala SPKKL Tarakan Afrizal Agung Satria, S.E., M.Si., serta sejumlah staf lainnya. Pertemuan diakhiri dengan tukar menukar cindera mata dan foto bersama.

Setelah keluar dari ruang kerja Wagub Kaltara, Eli langsung diberondong pertanyaan oleh sejumlah awak media yang sejak pagi telah menunggu di depan pintu keluar.