Barcelona|Harian88 – Bantai Celta Vigo 5-0 pada laga leg kedua babak 16 Copa del Rey di Camp Nou, Jumat (12/1/2018) dinihari Barcelona melaju ke babak perempat final dengan agregat 6-1. Sebab di leg pertama keduanya bermain imbang 1-1 di kandang Vigo, tengah pekan lalu.

Pada laga kali ini Lionel Messi lagi – lagi jadi kreator kemenangan telak Barcelona. Tidak hanya dua golnya masing-masing pada menit ke- 13 dan 15 juga menjadi pemberi umpan kepada Jordi Alba saat mencetak gol pada menit ke-28.

Dua gol lain Barcelona dicetak oleh Luis Suarez menit ke-31 dan Ivan Rakitic menit ke-31.

Menghadapi Celta Vigo, jika ingin lolos, Barcelona wajib menang. Oleh karena itu pelatih Valverde langsung menurunkan tim utamanya. Berbeda saat ditahan imbang Celta Vigo pada leg pertama.

Kali ini Messi dan Suarez langsung jadi starter. Sebab Celta Vigo memang bukan tim yang bisa dianggap remeh. Pasalnya selain berhasil menahan imbang Barca di leg pertama, Celta juga mampu menahan imbang Real Madrid di Liga Spanyol.

Namun kali ini Celta di kandang Barca dibuat tidak berkutik. Baru 13 menit laga berlangsung Messi sudah membawa Blaugrana unggul. Menerima umpan tarik dari Jordi Alba, lewat tendangan kaki kirinya Lionel Messi mampu menjebol gawang Celta Vigo.

Berselang dua menit, Messi kembali mencetak gol. Lagi-lagi Jordi Alba yang memberi umpan kepada Messi. Dan lagi-lagi lewat kaki kirinya bintang asal Argentina itu membuat kiper Celta tidak berdaya karena bola ditempatkan di sudut kanan bawah yang tak terjangkau sang kiper.

Kali ini Jordi Alba yang mencetak gol tepat pada menit 28. Dan kali ini Messi yang memberikan umpan terobosan kepada Jordi Alba. Lewat tembakan dengan kaki kiri dari sudut sulit dan di kanan gawang Celta, bek Barca itu mampu mencetak gol ketiga Barca.

Gol keempat yang dicetak Luis Suarez tidak lepas dari keteledoran pemain belakang Celta. Awalnya Messi memberi umpan kepada Suarez, namun bola itu berhasil dihalau oleh pemain belakang tim tamu.

Rupanya ingin memberi bola ke kiper, tidak mengetahui ada Suarez di depan gawang, bola yang disodorkan langsung ditendang keras oleh pemain asal Chili itu membawa Barca unggul 4-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tampak Barca mengendorkan permainan. Hal itu dimanfaatkan oleh Celta mencari gol namun segela usaha mereka sia-sia selain ketatnya pertahanan tuan rumah juga penyelesaian akhir yang buruk.

Sebaliknya Barca juga mengancam Celta menit ke-69 lewat tembakan keras Ousmane Dembélé dengan kaki kiri usai menerima umpan dari Sergio Busquets. Sayang usaha pemain asal Prancis itu masih bisa diblok kiper.

Namun gol kelima akhirnya tercipta bagi Barca. Berawal dari tendangan pojok, bola melambung oleh Ousmane Dembélé diteruskan kepada Ivan Rakitic. Melalui sundulannya pemain asal Kroasia itu ikut mencatatkan namanya di papan skor.

Dengan kemenangan telak 5-0 tentu semakin menunjukkan bahwa Barca bisa mempertahankan juara Copa del Rey yang diraih musim lalu meski masih harus menjalani laga sulit di perempat final. Sebab bisa jadi akan menghadapi Atletico Madrid.