Padangsidimpuan|Harian88 – Melihat SD Negeri 200218 Ujung Padang Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, sangat memprihatinkan sekali, murid SD ini hanya 36 (Tigah puluh enam) siswa/siswi. Untuk tahun ajaran baru tahun 2018 ini saja untuk kelas satu siswa/siswinya tidak ada.

“Untuk kelas II 5 (Lima) orang, kelas III 3 (Tiga) orang, kelas IV 8(Delapan)orang, serta kelas V 14 (Empat belas) orang dan kelas VI 6 (Enam)orang. Untuk kelas I muridnya tak ada” papar Sukria Melina. Siregar Guru kelas IV.

Ibu Guru yang mengajar disekolah SD.N.200218 mulai tahun 1983 ini mengungkapkan, bahwa sekolah ini pada tahun-tahun sebelumnya, hampir 100(Seratus)siswa/siswi. Tapi pada tiga tahun belakangan ini turun drastis.

Segala upaya sudah mereka lakukan untuk meningkatkan jumlah murid untuk belajar di sekolah ini. Pada penerimaan murid baru kemarin, mereka para guru-guru membuat pemberitahuan, siapa yang mau mendaftarkan anak-anaknya di sekolah SD.N.200218 bagi siswa/siswi yang tak mampu.Mereka bersedia membelikan seragam sekolahnya.

“Kami sudah melakukan upaya untuk meningkatkan jumlah murid untuk bersekolah disini. Seperti pada tahun ajaran baru kemarin, bila ada orang tua yang tak mampu yang ingin mendaftarkan anaknya kesekolah ini. Kami akan membelikan seragam sekolahnya. Tapi itu pun tak membuahkan hasil” tuturnya.

Menurutnya SD.N.200218 yang paling minim siswa/siswinya untuk Kota Padangsidimpuan. Dia mengatakan untuk pasilitas di sekolah ini seperti lokal, sangat memadai untuk menampung murid. Dia juga menyebutkan ada enam lokal untuk belajar di sekolah ini.

“Untuk lokal sekolah kita ini untuk menampung murid sangat memadai sekali”katanya.

Harapan guru-guru yang mengajar disini, pada tahun-tahun berikutnya anak murid mereka tambah banyak.Disekolah ini ada sebanyak 6(Enam)orang tenaga pengajar. Semuanya PNS(Pegawai Negeri Sipil).

Lokasi SD.N.200218 ini berada di Jalan.Mangaraja Maradat.Exs.Jalan.Melati dan untuk menuju ke sekolah ini harus menaiki 98 anak tangga karena sekolah ini berada tepat di atas bukit. (Idham88)