Sibolga|Harian88 – Saat ini harga ikan laut di Pasar Jalan Balam Sibolga, Sumatera Utara mengalami kenaikan. Hal itu dikarenakan sudah semakin dekatnya hari raya Idul Fitri 2018.
Dari sejumlah pedagang ikan yang dijumpai meyebutkan, kenaikan harga ikan laut bervariasi tergabtung jenis dan kondisinya. Namun secara keseluruhan harga ikan mengalami kenaikan yang diperkirakan sampai pada hari raya ke tiga.

Adapun harga ikan yang diperoleh dari para pedagang diantaranya, ikan balatok aceh Rp38 ribu dari Rp35ribu/kg. Ikan tongkol Rp17ribu dari Rp15ribu/kg, Sisik Rp37 dari Rp34ribu/kg. Ikan gambolo Rp30ribu dari Rp27ribu/kg, ikan tenggiri Rp55ribu dari Rp50ribu/kg, ikan teter Rp18ribu dari Rp15ribu/kg, buncilak Rp20ribu dari Rp16ribu/kg.

“Karena mau menjelang lebaran itu harga ikan naik, karena nelayan sudah pulang semua dari laut untuk merayakan lebaran bersama keluarga mereka. Diperkirakan nanti lebaran ketiga baru nelayan turun kembali ke laut. Bahkan pada hari H nanti tidak ada yang jualan ikan,”kata Nazrul pedagang ikan di Jalan Balam Sibolga, Rabu pagi.

Sementara itu para ibu rumah tangga yang belanja ikan mengaku dapat memaklumi kenaikan harga ikan itu, karena memang mau lebaran.

“Kalau memang karena alasan mau lebaran sehingga tidak ada nelayan yang melaut dapat kita maklumi, asalkan jangan sampai berkelanjutan. Memang hari ini baru terasa kenaikan harga ikannya. Mudah-mudahan sesudah nelayan kembali melaut harga ikan normal kembali,”harap Resti br Harahap.

Pantauan di lokasi menyebutkan, sebahagian para pedagang ikan sudah tidak jualan lagi karena sudah ada yang mudik. Sedangkan para pembeli tampak lebih banyak membeli ikan untuk oleh-oleh mudik dengan cara di fiber.