Donetsk|Harian88 – Shakhtar Donetsk melakoni misi imposible ketika menjamu pimpinan klasemen Manchester City di laga pamungkas Grup F Liga Champions, di Kharkiv Stadium pada Kamis (7/12) dinihari WIB.

Shakhtar Donestsk butuh satu poin dari matchday keenam lawan The Cirizen untuk lolos ke 16 besar Liga Champions. Jika ini sukses dipetik di depan pendukungnya jelas ini merupakan sebuah prestasi bagi Shakhtar Donetsk.

Hanya saja, lawan yang akan dihadapi adalah Manchester City yang sudah pasti lolos dan terus memperlihatkan peforma ciamik di liga domistik dan semua kompetisi yang diikuti The Citizen. Sangat berat dan perjuangan keras harus diperlihatkan punggawan Shakhtar Donetsk mencuri satu poin dari Menchester Biru meski laga di depan publiknya sendidi.

Banyak pihak meragukan jika Shakhtar mampu bicara banyak di Eropa. Jawara Ukraina tersebut hanya akan bersaing untuk mendapatkan tempat ketiga yang berarti ‘relegasi’ ke Liga Europa, tempat dimana ‘sebaiknya’ berada.

Namun keraguan itu dijawab Shakhtar dengan prestasi membanggakan. Mereka mampui berada di posisi runner up di Grup F, hingga hanya butuh mendapatkan satu poin untuk mendapatkan tiket ke-16 besar Liga Champions musim ini.

Seperti diketahui di Grup F, Manchester City dengan poin 15 berada di puncak klasemen sudah tidak terkejar lagi oleh tiga tim lain. Sedangkan di posisi kedua ada Shakhtar dengan nilai sembilan.

Di posisi ketiga grup ini ada Napoli yang pada saat bersamaa akan menghadapi tim lemah Feyenoord. Napoli kini mengemas enam poin, jika menang banyak melawan tuan rumah Feyenoord sementara Shakhtar kalah dari City maka yang lolos adalah tim dari Italia itu.

Feyenoord sendiri sudah dipastikan tersingkir karena belum memiliki nilai hingga lima laga yang sudah dilakoni.
Sedangkan Manchester City yang sudah mengukuhkan diri sebagai juara grup dengan 15 poin, mereka tampak ingin menyempurnakan fase grup dengan menghantam tuan rumah Shakhtar. The Citizens tentu tak ingin tren menang akan ternodai di markas Shaktar.

Catatan sapu bersih kemenangan di fase grup jelas ingin diukir punggawa Pep Guardiola di musim ini. Meski Guardiola juga harus meramu trategi jitu karena di liga domistik Sergio Aguero dkk akan menghadapi laga sulit jumpa rival sekota dalam laga derby Manchester kontra Manchester United akhir pekan nanti.

Kemungkinan Guradiola akan menurunkan skuat ‘cadangan’ lawan Shakhtar. Namun demikian skuat lapis The Citizen pun bukan perkara sulit untuk memenuhi misi sempurna The Citizen guna menyapu bersih laga di fase gru Liga Champions musim ini.

Prediksi memang lebih condong Manchester City akan unggul di laga kali ini. Namun tak menutup keumungkinan Shaktar akan berusah keras mendapatkan hasil seri demi meraih tiket lolos ke 16 besar. Hasil akhir laga kali ini akan berakhir seri .