Medan|Harian88 – Kegiatan Lomba gerak jalan beregu dan massal dalam rangka memperingati Hari Jadi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ke – 70 berlangsung meriah.

Sedikitnya 5000 lebih masyarakat dari Kabupaten/kota Se Sumatera Utara (Sumut) mengikuti lomba gerak jalan beregu dan massal yang mengawali titik start dan finish di depan halaman kantor Gubernur Sumatera Utara, Minggu (15/4/2018) di Jalan Pangeran Diponegoro, Medan. Khusus untuk lomba gerak jalan beregu yang menyediakan total hadiah Rp 108 juta, diikuti 220 tim putra/ putri, masing – masing kategori Pelajar, perguruan tinggi, OPD, maupun umum (BUMD, BUMN, TNI/Polri).

Kegiatan dihadiri Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Wagubsu Brigjend TNI (purn) Hj Nurhajizah Marpaung MH, ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Kadispora Sumut Baharuddin Siagian S MSi, serta jajaran OPD dan Forkopimdasu.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi menjelaskan, momentum hari jadi Pemprovsu ke – 70 ini hendaknya menjadi semangat bagi seluruh masyarakat Sumut terutama dalam membangun provinsi ini lebih maju. Erry juga berharap semua visi dan misi Sumut menjadi lebih baik, salah satunya perlu adanya kekompakan dari sesama masyarakat.

“Dalam rangka hari jadi Pemprovsu ke -70 ini menambah kita semuanya bagi warga Sumut untuk bekerja dan meningkatkan kinerja kita untuk membangun Sumut ke depan lebih baik. Yang terpenting juga jaga kekompakan salah satu media ya berolahraga bersama,” jelas Gubsu.

Disatu sisi, Gubsu Erry Nuradi mengatakan, tahun 2018 yang merupakan tahun Pilkada tentu berpotensi terjadinya konflik antar sesama pendukung calon kepala daerah masing – masing. Maka, Gubsu mengingatkan, perbedaan pilihan pada Pilkada nanti, jangan dijadikan sebagai perpecahan. Mengingat negara Indonesia yang berlandaskan negara demokrasi, sangat menghormati perbedaan pendapat seseorang.

“Pada pesta demokrasi, tentu jangan sampai adanya perpecahan hanya gara – gara perbedaan pilihan, tetapi tentu itu adalah hal yang biasa sebagai sebuah negara demokrasi. Pilihlah pemimpin yang memiliki program – program yang bermanfaat bagi masyarakat Sumut ke depan. Semoga masyarakat Sumut ke depan lebh baik, sejahtera, dan makmur. Termasuk pemimpin Sumut ke depan harus bisa menjaga kekompakan ini,” kata Gubsu.

Pemenang lomba gerak jalan beregu untuk kategori SLTP putra, SMP Pertiwi Medan (juara I), Daya Cipta Medan (II), Kahiya Medan (III), SMPN 5 Medan (IV), SMP Santo Ikmasius (V), SMP Swasta Pelita Medan (VI). Sedangkan kategori putri, SMP Swadaya (I) MTsN 3 Medan (II), Dharma Pancasila (III), SMPN 27 Medan (IV), Pertiwi Medan (V), Santo Iknasius (VI).

Kemudian untuk kategori SLTA putra, SMA Swadaya Desa Bulu China (I), Dharma Pancasila (II), SMKN 7 Medan (III), Penerbangan Angkasa (IV), SMAN 15 Medan (V) SMAN 13 Medan (VI).

Selanjutnya kategori umum putra, PPLP Sumut (I), Kosek Hanudnas III (II), Jasdam A (III), Marinir Belawan (IV), Paskas A (V), Brimob Polda Sumut (VI). Sedangkan kategori umum putri, PPLP Sumut (I), STIKES Mitra Husada Medan (II), STIKES Mitra Husada Medan (III), Saka Bhayangkara Polrestabes (IV), PGK Provsu (V), Dharma wanita Provsu (VI).

Kategori OPD Provsu putra, Dinas UKM dan Koperasi (I), Disnaker Provsu (II), Dinas Kehutanan (III), Dinas kelautan dan perikanan (IV), BPSDM Provsu (V), Dinas perpustakaan dan Arsip (VI). Sedangkan OPD Provsu Putri, Disperindag (I), Perumahan dan Pemukiman (II), Kesehatan Provsu (III), Dispenda (IV), Disdik (V), BPKAD Sumut (VI).

Kegiatan gerak jalan berega dan massal juga dimeriahkan dengan pembagian lucky draw yang menyediakan hadiah utama satu unit sepeda motor, puluhan unit sepeda sport, serta hadiah menarik lainnya. Selain Lomba gerak jalan beregu dan massal, juga dirangkai dengan defile kendaraan hias dan carnaval Marching Band, serta Tabliq Akbar bersama Al Ustadz H Abdul Somad di Kantor Pemprovsu. (swl)