Bekasi|Harian88 – Musisi Ahmad Dhani tak bisa lagi menyebut-nyebut dirinya sebagai pengurus NU. Posisinya di Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU) dicopot. Ahmad Dhani yang kini menjadi calon wakil Bupati Bekasi dipecat dari kursi wakil ketua Lesbumi NU.

Menurut Ketua Lesbumi PBNU KH Agus Sunyoto, Ahmad Dhani diberhentikan dari kepengurusan Lesbumi PBNU periode 2015-2020. Agus mengatakan, pemecatan tersebut sudah berlangsung sejak November lalu, persesisnya usai keterlibatan Ahmad Dhani dalam aksi demo 4 November di Jakarta.

Menurut Agus, selain aksi ini bertentangan dengan kebijakan PBNU, sikap Dhani yang mengeluarkan kata-kata hinaan terhadap simbol negara sangat mencederai lembaga NU.

“Kami tidak bisa menoleransi sikap arogan seperti itu. Masak Presiden dikatakan anjing. Di mana akhlak santrinya? Bagaimana pun Lesbumi adalah santri,” kata Agus seperti lansir di laman NU.

Proses pemecatan berdasarkan kesepakatan para pengurus Lesbumi PBNU. Ahmad Dhani selama ini juga dinilai tidak terlibat sama sekali dalam forum rapat-rapat resmi ataupun kegiatan lembaga.

“Sejak awal dia memang tidak aktif. Teman-teman (pengurus Lesbumi, red) tiap menghubungi selalu tidak bisa,” bebernya. Ahmad Dhani dikukuhkan sebagai salah satu wakil ketua Lesbumi PBNU pada 16 September 2015 di Jakarta bersama pengurus lainnya.

Sampai saat ini Dhani mengaku belum menerima surat peecatan itu. Bahkan dia menyebut sampai saat ini dia juga tidak pernah menerima surat pelantikannya saat dia menjadi wakil ketua Lesbumi(rep)