Nias Barat|Harian88 – Jalan lingkar yang menghubungkan Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara akan dibangun tahun ini, sehingga akses kedua daerah itu semakin lancar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Nias Barat, Eliyunus Waruwu, Selasa, mengatakan, biaya pembangunan jalan yang menghubungkan Kabupaten Nias Barat dengan Kabupaten Nias utara tersebut diperkirakan kurang lebih sebesar Rp 300 milliar.

“Pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan Nias Barat dan Nias Utara dilakukan oleh balai besar wilayah 8 jalan Nasional dan dimulai tahun ini,” katanya.

Dalam pembangunan jalan lingkar tersebut, pemerintah daerah hanya menyediakan lahan atau surat hibah tanah dari masyarakat yang akan dibangun jalan.

Kalau surat hibah tanah atau lahan yang akan dibangun jalan lingkar dari masyarakat Nias Barat sudah ada, tetapi untuk Nias Utara kita belum tahu, ujarnya.

Menurut dia, panjang jalan yang akan dibangun mulai dari Kecamatan Sirombu, Moroo, Mandrehe, Mandrehe Barat, Tugala Oyo, Alasa dan Afulu adalah 42 kilometer dengan lebar 20 meter.

Pembangunan tahap pertama dimulai tahun ini dengan anggaran sebesar Rp 30 milliar, dan diperkirakan pembangunan jalan lingkar yang menyusuri pantai tersebut selesai 2 – 3 tahun anggaran.