Tapsel|Harian88 – Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M.Pasaribu membuka acara Focus Group Discussion atau FGD dalam rangka penyusunan rencana tata ruang kawasan strategis daerah itu, di aula kantor PUPR, Dano Situmba, Sipirok, Kamis (9/8)

Dalam sambutannya Syahrul mengatakan bahwa program pembangunan bagi daerah memang penting akan tetapi menjaga ekosistem/lingkungan juga lebih penting sebagai perhatian semua pihak demi anak cucu kedepan.

Ditegaskannya juga bahwa forum tersebut sangat penting dan serius. Karena, tata ruang kawasan strategis merupakan momentum untuk menyelamatkan ekosistem Batangtoru dan sekitarnya.

“Undang-undang nomor 26 Tahun 2007 telah mengamanatkan kawasan strategis Nasional, kawasan strategis Provinsi dan kawasan strategis Kabupaten,”katanya.

Ia mencontohkan, kawasan Batang Toru dan sekitarnya secara lingkup internal kabupaten penting dalam sebuah pegembangan pembangunan daerah. Lingkup eksternal, lingkungan itu juga penting dalam menjaga keanekaragaman hayati.

“Pembangunan demi peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat oke, hanya saja lingkungan harus tetap sehat dan terjaga,”katanya.
Sebelumnya, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Daerah Tapanuli Selatan Chairul Rizal dalam laporannya mengatakan, kegiatan Focus Group Discussion bertujuan untuk mendapatkan masukan stakeholder terkait issu dan permasalahan tata ruang serta fenomena perubahan kawasan strategi Batangtoru dan sekitarnya.

“Dalam forum ini kita berharap banyaknya masukan, usulan serta saran-saran dari pemangku kepentingan. Karena, semua ini demi untuk kemaslahatan ummat kedepan,”katanya. (Riani88)