Sergai|Harian88 – Hampir setiap tahun tetapi yang paling parah adalah tahun 2017 ini,karena baru beberapa bulan yang lalu kebanjiran sudah dua kali kawasan Desa Sei Rampah – Sergai mengalami bencana banjir yang cukup hebat,bahkan banyak rumah yang tergenang air hingga 1 meter selama lebih seminggu.

Demikian dikatakan oleh Kades Sei Rampah,Munajat kepada awak media ini saat memantau warganya yang sebahagian sudah mengungsi kerumah familinya yang aman dari banjir,Selasa (5/12) di Posko Banjir depan Mesjid Agung Jamik Sei Rampah.

“Kita tidak tau mau bilang apa lagi,bagaimana mengatasi soal ini ya terpaksa kita cari utangan dululah,perkara nanti mau diganti oleh Desa melalui Dana Desa atau ADD kita juga gak tau,yang penting warga kita jangan ada yang kelaparan”,kata Munajat sambil memegangi kepalanya.

Beberapa warga di Dusun III Desa Sei Rampah yang paling parah rumahnya dibanjiiri air,yakni Hamid (64) dan Wak Nong (57) kepada awak media ini mengatakan,”kita mau nagih janji HT Erry Nuradi semasa menjabat Bupati Sergai dulu,waktu itu janjinya kepada kami warga Sei rampah di depan Mesjid Jamik ini,kita akan mengusulkan ke Pemprovsu ketika itu Gubsu masih dijabat oleh Gatot Pujonugroho,untuk mengorek Muara Sungai Bedagai di Kuala Aceh kecamatan Tanjung Beringin”,ungkap Wak Nong.

“Sekarang Tengku Erry sudah jadi Gubernur bahkan mau mencalonkan diri lagi,jadi mana janji yang diucapkannya waktu itu,bahkan saksi hidup apa yang dikatakan oleh HT Erry Nuradi masih ada,yakni H.Soekirman yang sekarang jadi Bupati”,tegas Wak Nong kesal.

Dalam kesempatan itu Hamid menimpali,”mungkin bisa saja ini tidak bakal terjadi pengorekan di Muara Sungai Bedagai itu,sebab selama Pilkada Bupati Sergai tahun 2005 dan tahun 2010,pasangan Erry – Kirman tidak pernah unggul atau monang di Sei Rampah dan mungkin factor itu juga bias jadi”,imbuh Hamid berandai-andai.

Seperti diketahui,hulu sungai Bedagai yang membelah kota Sei Rampah berasal dari Sungai Belutu yang bermuara di Tinggi Raja (Kab. Simalungun) dan Sungai Rambung yang berhulu di Dolok Masihul.Saat ini Sungai Belutu sedang meluap bahkan ada tanggul yang jebol,sehingga menggenangi kawasan Desa Sukadamai di kecamatan Sei Bamban kedua kalinya.

Pantauan awak media ini,didepan Musholla Syuhada Desa Sukadamai sejak kemarin sudah didirikan Posko oleh Detasemen- B Brimob Tebing Tinggi.sementara Kodim 0204/DS juga sudah mendirikan Posko di Simpang Mesjid Jamik Sei Rampah,dimana puluhan Personil TNI/AD dari berbagai Koramil disiagakan di Posko tersebut.-(biet88)