Jakarta|Harian88 – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Asrorun Niam membenarkan bahwa Ketum MUI KH Ma’ruf Amin terpilih sebagai cawapres Jokowi. Kiai Ma’ruf dipilih di detik-detik akhir pada Kamis (9/8) sore.

“Insya Allah (sudah resmi), sebentar lagi diumumin sabar. Walaupun prosesnya agak lama tadi, ujar Niam saat dikonfirmasi Republika.co.id, Kamis (9/8) malam.

Niam mengatakan, Kiai Ma’ruf baru diputuskan sejak sore tadi dan saat ini sudah diinfokan di grup What’s App pengurus MUI. “Baru kita infokan tadi di grup,” ucapnya.

Kejutan soal cawapres Jokowi ini muncul di detik-detik terakhir. Sebelumnya, Sekjen PKB Abdul kadir Karding mengungkapkan bahwa Kiai Ma’ruf merupakan cawapres yang dipilih Jokowi.

“Rapat antara pak @jokowi dan ketum2 , sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Ma’ruf amin sebaga calon wapres pak jokowi,” tulis Karding di akun twitter resminya, Kamis (9/8).

Dalam cuitannya, Karding juga mengunggah foto rapat koalisi Jokowi di Plataran Menteng hari ini. Dalam foto otu, ketum parpol koalisi meneken dokumen capres-cawapres.

Sebelumnya, para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik koalisi pendukung Jokowi berkumpul di Restoran Plataran Menteng sore ini, Kamis (9/8) sore. Berdasarkan pantauan, seluruh ketua umum dari sembilan parpol koalisi telah tiba.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri tiba di Restoran Plataran Menteng pada pukul 17:07 WIB. Kendati demikian, saat turun dari mobil, ia enggan memberikan tanggapannya terkait pertemuan ini.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam hanya tampak melemparkan senyum sambil berujar “belum, belum, belum” kepada awak media.

Jokowi tiba di Restoran Plataran Menteng menggunakan mobil hitam berplat B 1790 BN. Ia tiba beberapa menit menyusul kehadiran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Selain Megawati, sebelumnya hadir bersamaan dalam satu mobil yakni Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketum PPP Rohamurmuziy.

Kemudian disusul oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Selain itu, sebelumnya telah hadir Ketua Umum Perindo Hari Tanoesudibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, pertemuan ini digelar untuk memfinalisasi hasil keputusan capres dan cawapres yang akan diusung di Pilpres 2019. Pendaftaran capres Jokowi beserta cawapresnya ke KPU akan dilakukan pada Jumat (10/8) pukul 09.00 WIB.