Tapsel|Harian88 – Kabupaten Tapanuli Selatan yang memiliki 14 kecamatan tentunya penyebaran penduduk tidak merata ditiap kecamatannya. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan uji publik seputar pemetaan daerah pemilihan (dapil) Pemilu Legislatif tahun 2019 yang akandatang.

Uji publik yang digelar ini merupakan kali ketiga pada Senin, (12/2) di hotel Sitamiang, Padangsidimpuan, dalam rangka menyerap aspirasi pemangku kepentingan yaitu partai politik, tokoh masyarakat, tokoh adat, alim ulama, akademisi dan lainnya

Komisioner yang memberikan penjelasan pada uji publik tersebut adalah empat dari lima komisioner KPU Tapanuli Selatan yaitu Rafika Nawari, Mustar Edy Hutasuhut, Sawaluddin Lubis dan Panataran Simanjuntak, dimana Ketua KPU Tapsel Potan Edy Siregar dinformasikan tengah berada di KPU Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Diwacanakan dalan kegiatan uji pablik tersebut ada 3 pilihan tawaran dapil yang akan diusulkan ke KPU Pusat yaitu dengan 6 dapil, 5 dapil dan 4 dapil.

Dari 3 pilihan dapil yang ditawarkan untuk diusulkan sebagaian partai politik masih memilih pembagian dapil seperti pada Pemilu 2014 yang lalu yakni 5 dapil, dengan jumlah kursi DPSD yang akan diperebutkan yakni 35 kursi
Adapun parpol yang hadir diantaranya PDI Perjuangan, partai Demokrat, Gerindra, PKB, PBB, Nasdem, PPP, PAN, Hanura, PKS, Perindo, Berkarya, PSI, PKPI dan partai Garuda.

Komisioner KPU Sawaluddin Lubis mengatakan ada tujuh butir prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam draft usulan penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD Tapanuli Selatan tersebut.

Menurutnya sebelum ditetapkan semua draft hasil uji publik penataan Dapil dan alokasi kursi DPRD 2019 itu akan dikirimkan ke KPU Provinsi Sumatera Utara untuk diteruskan ke KPU Pusat.

Sementara berdasarkan data agregat kependudukan pada Pemilu 2019 di seluruh 14 kecamatan se Tapanuli Selatan tercatat jumlah penduduknya 303.428 jiwa sehingga alokasi kursi DPRD Kabupaten sebanyak 35 kursi yang sebelumnya hanya 30 kursi atau bertambah sebanyak 5 kursi. (Riain88)