Polres Nias Minta Bukti Pendukung Laporan LSM FOBSIT Gunungsitoli

236

Gunungsitoli|Harian88 – Penyidik Polres Nias meminta bukti-bukti/dokumen kepada Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Bohouni Gunungsitoli (LSM FOBSIT) atas laporan dugaan indikasi kerugian keuangan negara dan penyalahgunaan wewenang di duga dilakukan Kepala Sekolah Dasar Negeri 076675 Ombolata Hilimbowo, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Dalam surat yang dilayangkan Pihak Polres Nias kepada Ketua LSM FOBSIT Gunungsitoli Edwar F Lahagu dengan nomor : B/186/II/RES 3.3/2018/Reskrim tertanggal 12 Pabruari 2018, meminta agar menyerahkan bukti-bukti/dokumen pendukung untuk dapat dijadikan sebagai bukti permulaan atas dugaan dimaksud.

Selanjutnya, Pihak Polres Nias akan melakukan koordinasi dengan Inspektorat Kota Gunungsitoli untuk meminta di lakukan pemeriksaan/audit atas laporan dugaan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SD Negeri 076675 Ombolata Hilimbowo YH dilaporkan atas Dugaan Penyalahgunaan Wewenang dan adanya indikasi kerugian keuangan Negara pada pelaksanaan lanjutan pembangunan gedung perpustakaan sekolah tahun 2016 lalu.

Kepala Sekolah SD Negeri 076675 Ombolata Hilimbowo, Kecamatan Gunungsitoli Utara di duga telah menggunakan sisa dana anggaran rehab gedung perpustakaan hingga puluhan juta, dengan alasan akan di setorkan kepada pihak Dinas pendidikan Kota Gunungsitoli sebagai biaya administrasi.

Untuk diketahui, sumber dana yang digunakan untuk merehab ruangan perpustakaan sekolah ini merupakan silpa dana alokasi khusus (DAK) tahun 2012 silam, namun dialihkan menjadi SILPA DAU T.A 2016 dengan nilai 55jt.

Terpisah, Ketua LSM FOBSIT Edward F Lahagu kepada Harian88 di Kantor Sekretariat Jalan Dolok Martimbang no. 3 Gunungsitoli, Rabu (14/2). Mengapresiasi Kinerja Polres Nias dibawah kepemimpinan AKBP Erwin Horja H Sinaga, SH,.S.IK

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Polres Nias yang sangat serius menangani setiap kasus yang dilaporkan oleh masyarakat. Khususnya kasus yg dilaporkan oleh LSM FOBSIT terkait dugaan Korupsi pada pembangunan lanjutan ruang perpustakaan di SD Negeri Hilimbowo Olora. Kita berharap agar proses kasus ini cepat tertuntaskan demi kepastian hukum ditengah-tengah masyarakat, Kata Edu. (az88).