Lubukpakam|Harian88 – Tim Tractor Kuning PSDS Deli Serdang harus bermain lepas dan fokus untuk meraih kemenangan, menggilas anak-anak daerah Freevort pertambangan emas PS Persiwa Marupen Papua (PS.PMP). Jika pemain PSDS tidak mampu meraih kemenangan sangat riskan melanjutkan pertandingan kompetisi Liga 3 Nasional.

Sebagaiman konfirmasi wartawan Harian88 Syafa’at, sejumlah pengurus dan pelatih serta pemain ke 4 tim yang bercokol digroup A babak 32 kompetisi Liga 3 Nasonal menyatakan. “Lapangan sepakbola didalam Stadion Citarum Semarang, tidak layak untuk dilaksanakan pertandingan sepakbola tingkat nasional kompetisi Liga 3”.

Tidak sedikit keluhan dan keresahan serta caci maki pengurus peserta tim Liga 3 Nasional bermuara kepada oknum PSSI pusat, melaksanakan surpey lapangan dalam kondisi rusak parah menjadi lapangan pertandingan kompetisi dimaksud. Sedangkan sarana lapangan pacuan kuda tidak sejelek lapangan Stadion Citarum Semarang.

Terserah apapun rapor merah ditujukan kepada oknum penilai surpey lapangan dari PSSI pusat menggunakan “Lensa kaca mata kuda dokar”, lapangan terburuk itu digunakan untuk kompetisi Liga 3 nasional tahun 2017. Hal ini sudah terlanjur dan perlu menjadi perhatian pihak berkompeten di PSSI pusat, agar hal tersebut jangan terulang kembali dimasa mendatang.

Apapun masalah dan alasan itu sebaiknya lupakan sejenak, agar pertandingan penentuan meraih kemenangan berjalan mulus dalam lanjutan pertandingan babak selanjutnya. Terlebih tim PSDS Deli Serdang sarana lapangan pertandingan Stadion Baharoeddin Lubuk Pakam, serta panitia terbaik lima besar se Indonesia dalam debut pertndingan Kompetisi Divisi Utama PSSI sampai kompetisi Liga Indonesia.

Hal ini jelas pemain PSDS Deli Serdang turut serta dalam kompetisi Liga 3 Nasional terkesan seperti terkejut badan bermain dilapangan Stadion Citarum Semarang terkesan tidak layak guna menjadi sarana kompetisi Liga 3 yang terhormat itu. Namun sebaliknya dapat diambil hikmahnya, bertanding dilapangan seburuk itu akan menjadi lancar dan sukses dilapangan pertandingan terbaik nantinya.

PSDS cukup dua sentuhan

Khusus mengenai pertandingan Liga 3 Nasional PSDS Deli Serdang menghadapi PS.PMP asal daerah terkenal Freevort pertambangan Emas itu. Pemain PSDS harus fokus bermental menang, bermain dengan semangat juang tinggi. Menghadapi anak-anak PS PMP berpostur rata-rata diatas pemain PSDS. Wajar pelatih PSDS Deli Serdang Dosman Sagala eksis mengintruksikan anak didiknya melepaskan super suara keras dipinggir lapangan.

Namun Dosman jangan lupa menterapkan instruksi kepada anak didik bermainan cepat dan zig-zag “cukup dengan dua sentuhan bola”, jika pemain PSDS tidak dapat melaksanakan hal tersebut dampak dan efeknya tidak sesuai diharapkan. sekedar saran dan masukan, jika PSDS menggunakan pola 4-3-3, Dosman harus lebih berani metandemkan striker murni Bagas Trio Andrian dengan Muhamad Iksan dan Purnomo.

Sebagaimana Bagas Trio Andrian memiliki kecepatan dan mental tanding semangat juang tinggi, sekil kemampuannya teruji, Bagas bermain tidak banyak mengotak-ngatik bola namun kedegilannya membut pemain yang gigih itu diblokir lawan, operannya bola hat-trick akurat, sehingga duet rekan striker Muhamad Iksan dan Purnomo bermain tenang mengeksikusi sikulit bundar dengan finishing touch benar-benar terukur, memaksa penjaga gawang lawan mengutib bola dari jaring gawangnya.

Pelatih PSDS Deli Serdang cukup banyak menelorkan bibit sepakbola berprestasi, diantaranya striker handalan Roy Munthe dan beberapa pemain ujung tombak lainnya masih tersimpan rapi di cadangan. Gelandang tengah Agung Surya Wardana piaway dengan tembakan keras dan khusus tembakan bola mati, opern bola akurat serta bisa meretem permainan PSDS dengan baik.

Ada lagi pemain tengah yang handal Bima Lesmana, anak didik Dosman Sagala yang satu ini penampilan di PSDS Jr setahun yang lalu prestasinya gemilang, dan Bima Lesmana dinobatkan menjadi kapten PSDS Jr menempati gelandang serang disayap kanan mampu memecahkan rekor gol tercepat sebanyak 6 gol. Mengapa sekaliber Bima Lesmana belum pernah diturunkan dibabak 32 Liga 3 nasional ?. Tentunya Dosman yang lebih memahami sebagai pelatih terhadapa anak didiknya.

Dibarisan PSDS Deli serdang cukup handal, Jerr RS Purba bermain gigih dan cemerlang mampu menggenjot daerah pertahan lawan, demikian juga halnya rekan seperjuangan dibarisan pertahanan seperti Abdi Kuswara / Agus Ferizal, dan Ricky Ramadhan serta beberapa pemain bawah lainnya. Khusus menghadpi PS.PMP jangan sekali-kali bermain bola didaerah pertahanan sendiri, cukup berbahaya dengan pemain depan lawan. Demikian penjaga gawang PSDS Putra Aziz Irawan, bermain harus memiliki semngat juang tinggi. Pecinta PSDS tetap mendo’akan squad PSDS meraih kemenangan dari lawan.

PSDS Baru 2 poin

Pertandingan di group A babak 32 kompetisi Liga 3 nasional dipridiksikan akan bersaing keras dan ketat untuk melanjutkan pertandingan dibabak selanjutnya. Ke 4 tim sama-sama baru menyelesaikan dua kali pertandingan, sementara PS Kuala Naggro Aceh (PS.KNA) memimpin klasmen sementara, memiliki nilai 4 dalam dua kali pertandingan. PS.KNA versus PSDS Deli Serdang draw 0-0 dan PS KNA mempercundangi PS Persiwa Marupen Papua (PS.PMP) dengan telak 2-0.

Sedangkan PSDS Deli Serdang Sumatera Utara dua kali pertandingan dua kali draw baru mengantongi nilai 2, dengan hasil Pertandingan PSDS vs PSKNA 0-0 dan PSDS mengadapi PS Matra Manuju Utara (PS.MMU) Sulawesi sama kuat 1-1. sama dengan nasib PS Matra Manuju Utara (PSMMU) Sulawesi dua kali pertandingan memiliki nilai 2. Sementara PS Persiwa Marupen Papua (PS.PMP) baru memiliki nilai 1, bermain draw dengan PS.MMU dan klah telak 0-2 dari PS.KNA.

Debut pertandingan ke 3 merupakan pertandingan penentuan bagi ke 4 tim, tim PS.KNA cukup bermain draw berhasil melanjutkan pertandingan dibabak selanjutnya. Sedangkan PSDS untuk memuluskan jalan kepertandingan babak selanjutnya wajib memenangkan pertandingan melawan PS.PMP, demikian juga halnya nasib PS.MMU dan PS.PMP. Jelasnya ke 3 tim PSDS dan PS.MMU maupun PS.PMP harus berjuang “Hidup atau mati” dipertandingan dilaga kursial, berlangsung, Kamis (7/12) dilapangan yang cukup rusak parah di Stadion Citarum Semarang.

Akhirnya pengurus PSDS dan warga pecinta PSDS Deli Sedang khususnya dan warga Sumatera Utara pada umumnya mengucapkan selamat bertanding, PSDS Deli Serdang berhasil meraih kemenangan dari lawan, dengan tidak luput disertai do’a.(Syafa’at).