Humbahas|Harian88 – Pemkab Humbahas menerima bantuan 20 Ton bibit kentang varietas Atlantik sekaligus pupuk, sebagai bentuk kerjasama dengan PT Indofood Sukses Pangan Makmur (ISPM). Bantuan tadi secara simbolik diserahkan dikompleks perkantoran Bupati, Bukit Inspirasi, Dolok Sanggul, Rabu (1/8).

Pahala Lumbangaol, Kepala Bidang ekonomi dan pembangunan Bapeda di lokasi mengatakan kehadirannya hanya sebagai fasilitator antar lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam kegiatan kerjasama Pemkab dengan PT ISPM. “Bibit kentang dan pupuk ini akan didistribusikan ke petani kentang yang sudah terdata, untuk 4 Kecamatan di Humbahas. Rencananya, untuk sementara luasan pertanian kentang hanya 10 Ha. Jadi perhektarnya dibutuhkan bibit sebanyak 2 Ton,” katanya.

Lanjutnya lagi, pertanian kentang sebagai pilot project akan diupayakan melalui demonstrasi plot (Demplot) guna memantau perkembangan kentang secara terpadu sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. “Saat ini, petani dan petugas lainnya sedang mendapatkan penjelasan dari Bupati guna kelanjutan dan kelancaran kerja sama ini,” tukasnya, sambil menghunjuk ruang pertemuan dikompleks perkantoran Bupati, Bukit Inspirasi.

Sebelumya, Bupati Humbahas Dosmar menekankan, awalnya, ISPM tertarik berinvestasi di Humbahas, mengingat lahan di Humbahas sangat subur dan unsur hara tanahnya sangat mendukung bagi tanaman holtikultura cabe, kentang dan tomat.

“Inilah yang melatarbelakangi ketertarikan ISPM berinvestasi di Humbahas. Disamping itu, kita yakini, ISPM juga akan melihat peluang lain dari hasil pertanian di Humbahas,” tukasnya.

Dia berharap, kehadiran ISPM di Humbahas nantinya akan membawa angin segar bagi masyarakat petani.

“ISPM perusahaan besar dan memiliki factory di beberapa pulau. Kedatangan mereka saat ini hanya mengawali dari beberapa rencana yang akan dibahas dalam kerja sama. Jadi kami sangat berharap dukungan masyarakat pada kerja sama ini nantinya,” pungkasnya. (Bs88)