Medan|Harian88 – Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara Ruben Tarigan mengaku yakin tidak ada pasangan calon Gubsu dan Wagubsu yang akan bertarung di Pilgubsu 2018 berani bermain politik uang atau money politic. Sebab dia berkeyakinan masyarakat Sumut sudah cukup cerdas dan bijak dalam menentukan dukungan dan pilihannya.

“Saya sangat yakin tidak ada satupun kandidat yang berani money politic. Sebab money politic itu umumnya terjadi di daerah kecil dan masyarakatnya belum bijak dan cerdas berpolitik, sementara rakyat Sumut kita sudah cukup cerdas,” kata Ruben Tarigan di Medan, Senin (12/2/2018).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengaku yakin sebanyak 90 persen masyarakat pemilih di Sumut sudah cukup pintar dan cerdas dalam menghadapi pesta demokrasi pemilihan kepala daerah. “Kita yakin masyarakat Sumut umumnya cerdas pintar mendukung dan memilih kepala daerahnya yang jujur, bersih, dan transparan. Apalagi sudah mempunyai kinerja dan prestasi dalam memimpin di pemerintahan,” kata wakil rakyat asal pemilihan Kabupaten Deliserdang ini.

Jadi, lanjut dia, diyakini tidak akan ada kandidat yang berani ‘membuang-buang’ uang guna menduduki kursi orang nomor satu di Sumut. Untuk itu , jelas dia, jika ada pernyataan dari Komisioner Bawaslu bahwa pemilihan kepala daerah rentang tinggi politik buang, maka kemungkinan hal itu dibl daerah lain atau bukan di sumut.

“Apalagi Pilgubsu tahun ini hanya diikuti oleh dua pasangan calon, akan sangat sulit bermain politik uang mengingat biaya yang akan dikeluarkan sangat besar jumlahnya,” katanya.

Sebelumnya, KPUD Sumut telah memutuskan dua pasangan cagubsu dan cawagbsu yang berhak ikut Pilgubsu 2018. Dua pasangan tersebut yakni Edi Rahmayadi – Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat- Sihar Sitorus. Sedangkan pasangan JR Saragih-Ance Silian dinyatakan tidak memenuhi syarat. (jamlun88)