Sergai|Harian88- Banjir yang melanda Sergai memang cukup parah,tidak saja menggenangi ribuan rumah di 7 kecamatan tetapi juga menggenangi beberapa sekolah mulai tingkat PAUD/TK,SD,SMP hingga SMNK sehingga berimbas kepada Pelajar yang seharusnya mengikuti ujian semester tetapi karena sekolahnya digenangi air maka,terpaksa mereka harus diliburkan sejak kemarin,Selasa (5/12).

Tercatat,sekitar 500an siswa SMK Negeri I Sei Rampah yang berlokasi di Desa Pematang Ganjang kecamatan Sei Rampah,terpaksa diliburkan oleh Kaseknya diakibatkan jalan dan sekolah mereka tergenang dengan air.Begitupun,sejak dua hari ini ratusan siswa SMK Negeri I SR ini setiap pagi,antri di pinggir jalinsum hingga depan Alfa Midi di dekat Jembatan Sungai Bedagai Sei Rampah,tak bias jalan menuju kesekolahnya akibat kenderaan mereka tak mampu menerjang air yang lebih selutut ini.

Menurut Kadis Pendidikan Sergai,Drs. Joni Walker Manik.MM melalui WA kepada awak media ini mengatakan,di SMP Negeri 2 Bandar Khalifa ,”untuk sementara waktu hingga air surut,sekolah kita liburkan dan ujian mereka juga kita tunda.Begitu juga dengan SD negeri 102073 Bandar Khalifa,SD Negeri 107444 Suka Tani kecamatan Sei Bamban,pokoknya kita terus pantau dan moga-moga saja banjir ini tidak berkepanjangan”,kata Joni Walker Manik.

Dalam kesempatan ini Kadis Pendidikan Sergai juga meminta kepada para Kasek,TK,SD dan SMP untuk turut serta memantau sekolahnya masing-masing,agar sekolah tersebut tetap terjaga dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bukan sementang diliburkan kita lantas tidak memperhatikan kondisi sekolah,karena inventaris yang ada disekolah itu harus dijaga,jangan sampai kena air atau dicuri orang dan terutama menjaga listrik dari korsleting”,tegas Joni.

Sementara itu,beberapa siswa SMK Negeri I Sei Rampah yang sudah dua hari tidak dapat bersekolah,saat antri dipintu jalan masuk menuju sekolahnya kepada awak media ini mengatakan,”harusnya kita ujian sekarang tapi karena sekolah dan jalan kesekolah nggak bias dilalui,ya kita nunggu perintah Guru atau Kaseknya aja. Semalam memang kami diperintahkan pulang,dan hari ini kalo disuruh pulang ya kami pulang dan kalo nggak disuruh nanti kena absen dan nggak bias ngikuti ujian”,kata seorang siswi yang terlihat hanya memakai sandal jepit takut sepatunya kena air.- (biet88)