Medan|Harian88 – Fakultas Teknik UMSU mengelar pelatihan aplikasi untuk mempublikasikan penelitian yaitu Science and Techology Index (SINTA).

Kegiatan untuk meningkatkan jumlah publikasi penelitian yang dilakukan oleh dosen, peneliti, maupun mahasiswa, Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Al Fansuri Siregar, ST.MT didampingi Wakil-wakil Dekan 1 dan 3, Dr. Ade Faisal, M.Sc dan Khairul Umurani,ST.MT.

Acarapembukaan kegiatan pelatihan ini memperkenalkan SINTA yang merupakan sebuah program aplikasi portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal, kinerja institusi Iptek di Gedung Teknik UMSU Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan, (25/1)

Munawar menyebutkan, Perbedaan SINTA dengan sistem yang sebelumnya yakni pada Sinta terdapat fungsi relasi, sitasi dan pengindex, sementara sistem yang lain hanya relasi dan sitasi saja. SINTA juga menggunakan sistem entry exit digital dan dikelola secara multisektor yang mempunyai tugas dan fungsi sinergis yakni Kemenristekdikti dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

SINTA adalah sistem aplikasi yang dibuat untuk mendata publikasi dan sitasi nasional serta internasional dari dosen dan peneliti di Indonesia, sehingga dapat dipetakan kepakaran, dan dilakukan pemeringkatan kinerja penulis, institusi dan jurnal terbaik di Indonesia. SINTA diharapkan dapat memotivasi para dosen dan peneliti agar lebih giat menghasilkan publikasi.

”Dengan adanya sistem ini tidak lain adalah untuk terus mendukung para peneliti dapat terus melakukan penelitian bagi dosen-dosen Fakultas Teknik dan sistem ini juga akan menjadi bagian untuk mendorong kenaikan jabatan fungsional dosen,” tambahnya.

Munawar mengungkapkan dengan adanya SINTA ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap sistem publikasi luar dan SINTA dapat lebih meningkatkan publikasi jurnal atau publikasi lainnya. Kegiatan pelatihan tersebut disampaikan oleh Dosen Fakultas Teknik Rimbawati, ST.MT yang merupakan Gugus Penjamin Mutu (GPM FT UMSU), yang mengajak agar semua penulis dan peneliti dilingkungan Fakultas Teknik UMSU lebih dapat meningkatkan kinerja penelitian dan publikasi demi meningkatkan nama Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara diluar sana.

Ketua GPMFT UMSU Rimbawati mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh 20 Dosen Fakultas Teknik UMSU guna meningkatkan nilai index kinerja penelitian dan publikasi jurnal salah satu cara nya dengan menggunakan aplikasi SINTA ini, selain itu pendaftaran SINTA akan dibantu oleh LPPM UMSU agar lebih seragam dan dapat meningkatkan nama UMSU.

Publikasi jurnal maupun karya tulis akan disitasi oleh aplikasi SINTA tersebut untuk mengetahui berapa banyak publikasi yang sudah dilakukan, namun yang lebih penting ialah jurnal tersebut dapat disitasi oleh peneliti lain.

“secara otomatis apabila publikasi jurnal tersebut di publikasi dalam aplikasi SINTA dan banyaknya yang mengsitasi Jurnal tersebut maka nilai penulis dan lembaga pun akan naik dalam penilaian Kemenristekdikti.”, ujarnya di Ruang Kegiatan .