Medan|Harian88 – Petugas Polres Nias Selatan Sumatera Utara membekuk seorang pelaku pencurian spesialis rumah kosong yang sudah melakukan aksinya sebanyak 5 kali di lokasi yang berbeda.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. di dampingi oleh Kasat Reskrim AKP Antoni Tarigan mengatakan, dari tersangka I-F-B kita sita barang bukti beberapa slot rokok, beserta kalung dan anting anting emas” ujar Faisal. Selasa (22/05) melalui WhatsApp.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, I-F-B (16) , warga Desa Amandraya Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan ini, kurang lebih sudah 5 kali melakukan aksi pencurian di rumah kosong di Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan. Pelaku terakhir beraksi tanggal 19 Mei 2018 kemarin di Dusun I Desa Hilikara Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan.

” pelaku melakukan aksi nya pada pagi hari, setelah beberapa hari sebelumnya sudah melakukan pengintaian terhadap rumah korban. Pelaku masuk ke rumah korban Ukiran Giawa alias Ina Ferman dengan cara mencongkel jendela dengan pisau yang sudah dibawa nya. Kemudian pelaku masuk ke dalam kamar, membongkar lemari dan mengambil sejumlah uang serta perhiasan emas seperti kalung dan anting-anting. Saat hendak keluar rumah, pelaku juga mengambil beberapa slot rokok yang berada di steling dan tas milik korban “, ujar Faisal.

Beberapa saat setelah keluar dari rumah korban, lanjut Faisal, pelaku ditangkap oleh warga yang melihat nya keluar dari jendela dan diserahkan kepada Petugas Polsek Lolowau yang sedang melakukan Patroli. Petugas Polsek Lolowau kemudian menyerahkan pelaku bersama barang bukti ke Polres Nias Selatan.

Akibat perbuatan nya, tersangka akan di jerat dengan Pasal 363 Ayat 1 (5) Junto Pasal 363 ayat 2 Subsider Pasal 362 Kitab Undang Undang Hukum Pidana, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 9 tahun. ” saat ini pelaku masih dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui ada nya keterlibatan orang lain dalam pencurian tersebut, mengingat pelaku sudah beraksi sebanyak 5 kali “, tutup Faisal.(koto88).