Terkait Truk Overtonase, Dishub Humbahas “Layangkan” Surat Peringatan Ke PT. Seneca

12

Humbahas|Harian88 – Terkait keluhan masyarakat sekitar jalan saitnihuta kecamatan Dolok Sanggul yang kerap dilalui truk pembawa material yang di duga melebihi kapasitas ke salah satu pabrik pengolahan Asphalt hotmix milik PT. Seneca di Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas),yang juga mengakibatkan sepanjang ruas jalan tersebut rusak, Dinas Perhubungan (Dishub) Humbahas surati PT. Seneca berupa surat peringatan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Jaulim Simanullang kepada melalui selulernya, Rabu (16/5).

“Pihak Dinas Perhubungan sudah buat surat peringatan ke PT. Seneca”, ucapnya.

Jaulim juga mengatakan, bahwa pihaknya akan segera melakukan penimbangan untuk melihat kepatuhan pihak perusahaan atas surat tersebut.

“Minggu depan kita akan melakukan penimbangan untuk menunggu kepatuhan perusahaan atas surat kita”, ungkap Jaulim.

Sebelummya, Ketua Komisi B DPRD humbahas, Jonser Purba mengatakan pada awak media baru-baru ini, Dishub Humbahas harus tegas dalam melaksanakan tugasnya, jangan terkesan tebang pilih.

“Dishub Humbahas harus benar-benar melaksanakan tugasnya, jangan sampai masyarakat nanti yang bertindak di jalan itu”,tegasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional(PAN) ini juga meminta Dishub melakukan penimbangan muatan di jalan tersebut jangan hanya beberapa jam, terkesan formalitas dan ecek-ecek.
“Dishub melakukan penimbangan jangan terkesan formalitas saja yang hanya beberapa jam. Kalau bisa lakukan penimbangan setiap hari di jalan tersebut , agar ada efek jera untuk para pengusaha nakal”, ujarnya.

Untuk diketahui, kelas jalan saitnihuta adalah kelas IIIC, yakni jalan lokal dan lingkungan yang dapat dilalui kendaraan bermotor, termasuk yang memiliki muatan dengan lebar tidak melebihi 2,10 meter, ukuran panjang tidak melebihi 9,0 meter dan berat maksimalnya 8 ton.(bs).