Solo|Harian88 – Dewan Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra atau akrab dikenal Tommy Soeharto menginstruksikan kader Partai Berkarya untuk kerja keras meraih banyak suara di Pemilu 2019. Ia mematok pada Pemilihan Legislatif 2019, partainya minimal meraih tiga kursi di DPRD tingkat II Kabupaten Kota.

Tommy bersyukur partainya telah lolos verifikasi faktual sehingga bisa mengikuti Pemilu 2019. Namun, menurutnya, tantangan meraup banyak suara di pemilihan legislatif mendatang menjadi tantangan besar bagi partainya sebagai partai baru.

“Target yang harus kita capai, kita harus memulainya di tingkat DPRD tingkat II Caleg Kabupaten Kota. Pesimis kita minimal tiga kursi syukur-syukur bisa lebih, dan saya yakin banyak yang bisa,” kata Tommy saat membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Berkarya ke-3 di Hotel Lor In Solo pada Sabtu (10/2).

Target tersebut sudah dipertimbangkan matang. Tommy mengatakan untuk meraih satu kursi di DPRD tingkat II diperlukan sekitar 12 ribu suara.

Dengan target perolehan tiga kursi di DPRD tingkat II, partai Berkarya pun harus meraih suara sekitar 36 ribu suara di tiap Kabupaten Kota. Dengan begitu, dia mengatakan, Partai Berkarya mempunyai peluang besar untuk memperoleh banyak kursi di DPR RI.

Namun, Tommy menuturkan, hal itu pun baru dapat terwujud dengan adanya keterwakilan partai di 514 Kabupaten Kota. Sebab saat ini, Partai Berkarya baru memiliki 34 DPW Provinsi dan 482 DPD Kabupaten Kota.

“Kalau 36 ribu per Kabupaten Kota kita kalikan 514 ada sekitar 18 juta suara. Dengan itu kita yakin kita bisa menjadi pemain besar di Senayan. Ini target kita kedepannya mewujudkan tiga kursi di DPRD tingkat dua,” kata Tommy.

Karenanya, ia meminta mesin partai terus bekerja melakukan pendekatan pada masyarakat. Tommy juga ingin kader-kadernya merangkul para pelaku usaha terutama pelaku usaha kecil menengah agar mendukung partainya.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Ketum Partai Berkarya Neneng A Tuti menyerukan pada kadernya untuk mendukung Tommy Suharto menjadi Ketum baru Partai Berkarya. Neneng ingin tampuk ketum partai Berkarya di pegang putra mantan presiden RI ke-2 itu.