Usai Dilantik, Panwascam se-Tapsel Didiklat

7

Tapsel|Harian88 – Usai melalui beberapa tahapan dari proses seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara, aklhirnnya 42 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwacam) di 14 kecamatan se-Tapanuli Selatan dilantik oleh Panwas Kabupaten di Aula Natama Hotel, Rabu, (11/10) dan dilanjutkan pendidikan dan pelatihan hingga Kamis, (12/10).

Ketua Panwaslu Kab. Tapsel DR S.L Simbolom, M.Ag, ditemui disela-sela acara mengatakan bahwa penetapan para anggota Pawascam tersebut sudah melalui tahapan yang disyaratkan oleh peraturan Panwaslu Pusat. Dikatakan Simbolon, diklat diberikan agar nantinya para aggota Panwascam dapat bekerja lebih profesional dalam melaksanakan pengawasan Pemilihan Umum Gubernur Sumatera yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Dikatakan Simpbolon, diklat juga diikuti oleh para staf yang nantinya akan membantu para anggota Panwacam dalam melaksanakan tugas pengwasannya.

Dipaparkan Simbolon tugas Panwsacam diantaranya mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan di wilayah Kecamatan yang meliputi, mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan di wilayah Kecamatan yang meliputi, . pemutakhiran data Pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tetap, pelaksanaan Kampanye, perlengkapan Pemilihan dan pendistribusiannya;, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara hasil Pemilihan, penyampaian surat suara dari TPS sampai ke PPK, . proses rekapitulasi suara yang dilakukan oleh PPK dari seluruh TPS; dan . pelaksanaan penghitungan dan pemungutan suara ulang, Pemilihan lanjutan, dan Pemilihan susulan

lLanjutnya, Panwascam juga harus mengawasi penyerahan kotak suara tersegel kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota . menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilihan yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilihan . menyampaikan temuan dan laporan kepada PPK untuk ditindaklanjuti, meneruskan temuan dan laporan yang bukan menjadi kewenangannya kepada instansi yang berwenang, . mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan,. memberikan rekomendasi kepada yang berwenang atas temuan dan laporan mengenai tindakan yang mengandung unsur tindak pidana Pemilihan; dan melaksanakan tugas dan wewenang lain yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan.

“Mudah-mudahan diklat yang diberikan dalam waktu singkat itu dapat memberikan masukan kepada para anggota Panwascam karena sebagian anggota Panwascam yang dilantik ada yang sudah pernah menjadi anggota Panwascam sebelumnya.” Sebut Simbolon.

Pemateri untuk diklat anggota Panwascam se-Tapsel tersebut berasal dari Panwaslu Propinsi dan Kantor Kesatuan, Kebangsaan dan Politik Kabupaten Tapanuli Selatan (Riani88)