Medan|Harian88 – Universitas Sumatera Utara telah memperpanjang proses pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, untuk masuk Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN Tahun 2018.

“Pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) diperpanjang hingga Senin (12/2) sekitar pukul 23.00 WIB,” kata Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, yang disampaikan Humas USU, Elvi Sumanti di Medan, Minggu.

Sebelumnya, menurut dia, proses pengisian dan verifikasi PDSS dimulai pada tanggal 13 Januari hingga 10 Februari.

“Namun hingga batas yang telah ditentukan tersebut, dan teryata masih banyak sekolah SMA/SMK atau sederajat di wilayah Sumatera Utara yang belum dapat melaksanakan pengisian PDSS, serta akhirnya dilakukan perpanjangan,” ujar Evi.

Ia mengigatkan kepada seluruh sekolah khususnya yang ada di Sumatera Utara (Sumut) untuk segera melakukan finalisasi pengisian PDSS tersebut.

Seluruh sekolah dan siswa yang belum melakukan finalisasi untuk memanfaatkan perpanjangan waktu yang telah diberikan oleh panitia pusat.

“Untuk sekolah di Sumut yang mempunyai kendala, selain menghubungi call center pusat atau dapat langsung menghubungi kantor Humas USU,” katanya.

Evi menambahkan, selanjutnya tahapan pendaftaran SNMPTN akan dimulai tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2018, dan pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 17 April 2018.

Sehubungan dengan itu, Rektor USU mengingatkan kepada Kepala Sekolah SMA/Sedejarat dapat mengikuti jadwal dan ketentuan dalam mengikuti SNMPTN tahun 2018 ini secara teliti dan benar agar siswa yang berprestasi tidak kehilangan kesempatan.

USU, juga telah mengirimkan tim Sosialisasi SNMPTN khususnya untuk pengisian PDSS kepada 17 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

Sedangkan, untuk 16 kabupaten lainnya akan disosialisasikan oleh Universitas Negeri Medan (Unimed).

“Proses seleksi dilakukan secara terpusat dan dengan berbasis sistem, sehingga yang akan diterima oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) nantinya adalah siswa yang memiliki prestasi unggul di bidang akademik di sekolahnya, serta sesuai dengan program studi yang dipilih,” kata juru bicara Humas USU itu.